Kamis, 25 Agustus 2011

Cara Mentransfer Folder Melalui LAN

Cara Mentransfer Folder Melalui LAN


Pernahkah kalian menghadapi masalah seperti ini, kalian mempunyai teman, dan teman kalian tersebut memiliki sebuah game bagus yang kalian suka. Tetapi ukuran dari game tersebut terlalu besar untuk dikirim melalui flashdisk. Mudah jika kalian mempunyai harddisk external, tetapi untuk membeli sebuah harddisk external tentu akan menguras uang. Nah, kalian bisa menggunakan kabel cross LAN untuk mengirim data dari dua buah komputer yang saling terhubung. Dengan menggunakan kabel UTP cross, kalian bisa membuat jaringan LAN sederhana. Kalian dapat memindahkan data dari komputer/laptop ke komputer/laptop lainnya.


Jika memang kalian sedang menghadapi masalah seperti diatas, maka tidak salah kalian berkunjung kemari. Disini saya akan memberikan cara  untuk men-setting latop/komputer kalian agar bisa memindahkan data dari laptop/komputer teman kalian.


Pertama siapkan sebuah kabel UTP cross, jika kalian belum mempunyai kabel UTP cross, kalian bisa membuatnya dengan mudah, lihat cara membuatnya disini. Hubungkan kedua latop/komputer dengan kabel UTP cross LAN, jika sudah benar, maka indikator akan menyala di tempat kalian mencolokkan kabel LAN tersebut.
Jika sudah, klik menu START > Control Panel > Network and Internet > Network Connections. Lalu pilih Local Area Network > klik kanan > Properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
Kemudian atur IP LAN masing-masing komputer/laptop seperti gambar dibawah ini:
Misalkan komputer/laptop A:
dan komputer/laptop B:

Jika sudah sampai men-setting IP address pada kedua komputer/laptop, sekarang kalian bersiap mengirim file. Sebelumya, jika kalian ingin mengirim file ke komputer/laptop B, buatlah sebuah folder di Desktop laptop B. Misalkan saja kalian memberi nama folder tersebut dengan nama "LAN". Kemudian klik kanan > Properties. Pilih tab Sharing, lalu klik Advanced Sharing > klik Share this folder > Apply > OK.
Sekarang kalian siap untuk mengirim file. Tapi sebelumnya matikan dulu firewall masing-masing komputer/laptop.
Masuklah pada alamat control panel seperti pada gambar diatas. Klik Turn Windows Firewall on or off untuk mematikan atau menghidupkan firewall. Saya menggunakan windows 7, mungkin ada sedikit alamat control panel yang berbeda dengan di windows XP atau Vista. Tapi pada intinya sama saja, matikan firewall.Di komputer pertama Pilih untuk masukkan IP address: IP addressnya: masukan saja 192.168.7.1, subnet masknya: 255.255.255.0 lalu masukan di komputer ke dua, IP addressnya: 192.168.7.2, Jangan lupa untuk meng-enable lannya di network connection setting.
• Sharing folder yang ingin dibagi. Ada beberapa cara untuk transfer data melalui kabel LAN ini, bisa jadi computer pertama mengirim data ke komputer ke dua. Atau komputer ke dua yang mengambil data di komputer pertama. kita ambil salah satu contoh saja, yaitu transfer dari komputer pertama ke dua urutannya: buatlah folder di komputer ke dua, misal folder “copy”. set folder itu >> klik kanan >> pilih Sharing & Security >> Share This Folder On The Network >> Allow Network User To Change My File >> OK. Berarti sekarang folder itu sudah bisa tampil di network anda dan anda sudah bisa mengirim data-data anda.
• Matikan Firewall. Apabila antivirus ataupun firewall anda aktif, akan sulit mentransfer data, karena dihalangi oleh firewall tersebut yang memang berfungsi melindungi komputer dari tangan-tangan jahil. Cara matikan firewall: Start Menu >> Control Panel >> Windows Firewall >> Off (Not Recommended) >> OK Sekarang sudah mati, berari and siap mengirimkan data-data anda.
• Kirim data. Di komputer pertama buka Start Menu >> My Network Places, atau Start Menu\All Programs\Accessories\Windows Explorer >> My Network Places. Anda akan mendapatkan folder yang sudah di share tadi, namanya “copy” dalam komputer. Anda tinggal mengirimkan file anda.

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Keren, gan, link back http://hellboyriyanto.blogspot.com

    BalasHapus